Departemen Ilmu Ekonomi, Prodi Ekonomi Studi dan Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
Kuliah Perilaku
Konsumen IKK233 5 September 2014
Department of Family and Consumer
Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text book :
Ujang Sumarwan. 2011.
Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1.
Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Catatan Kuliah Pertama Perilaku Konsumen bersama Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Pekenalakan, nama saya Indraji Prayogo dari Departemen Ilmu Ekonomi, Prodi Ekonomi Studi dan Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.
Pada
hari Kamis, 5 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai
SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen,
yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul
Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Hal
yang menarik dari kuliah ini adalah pada perkuliahan hari ini, kami di kelas
mengalami beberapa hal unik antara lain banyaknya mahasiswa yang mengambil mata
kuliah ini sebagai SC melebihi kuota kursi yang disediakan di ruang kelas Rk 8
Agr 307, ada tiga mahasiswa yang tidak mendapatkan kursi di ruang tersebut
sehingga mereka mencari kursi mulai dari bagian tata usaha Departemen Agronomi
dan Hortikultura, dan pada akhirnya mereka mendapatkan kursi dari Departemen
Ilmu Keluarga dan Konsumen. Perkuliahanpun dimulai setelah mereka bertiga
mendapatkan kursi, walau saat mereka mencari kursi, kami bersama Prof Ujang
atau biasa kami panggil dengan sebutan pak Ujang telah memulai intermezzo
dengan sanksi yang telah disediakan berupa menyanyi didepan kelas. Intermezzonya
berupa penyebutan satu sampai dua kata mengenai konsumen namun setiap orang
tidak boleh menyebutkan kata yang sama, apabila menyebutkan kata yang sama maka
akan kena sanksi. Intermezzo pun dimulai, kata demi kata bermunculan hingga
akhirnya ada yang menyebutkan kata yang sama, namun hari itu belum di
realisasikan sanksi tersebut, Alhamdulillah pada giliran saya, saya dapat
menjawab kata yang berkaitan dengan konsumen yaitu ‘Anggaran’. Kenapa saya
mengatakan anggaran, karena menurut saya konsumen tanpa anggaran, tidak akan
tercapai pemenuhan kepuasan yang terdapat dalam dirinya. Loh kok bisa? Bisa,
karena keterbatasan yang dimilikinya. Contohnya: seorang yang ingin membeli
pesawat pribadi, namun anggaran yang dimiliki tidak cukup, maka terdapat opsi
antara meminjam agar anggaran terpenuhi atau membuka usaha agar mendapatkan
pendapatan sehingga tercapai anggaran tersebut. Keduanya akan mengurangi
tingkat kepuasan konsumen tersebut, karena apabila konsumen tersebut
melakukannya, konsumen tersebut menukar kepuasan ketika dapat membeli tanpa
melakukan opsi dengan melakukan opsi untuk mencapai keinginan tersebut. Hal menarik
lainnya ketika pak Ujang menanyakan apa yang membuatmu terlihat keren, dan
teman saya bernama Budi mengatakan sabun adalah hal yang membuatnya keren,
hahah sontak banyak yang tertawa, namun memang benar kalau kalian kuliah terus
mandi tanpa pakai sabun, ruang kuliah pasti beraroma menyengat hahaha. Sekian penyampaian
hal menarik pada perkuliahan hari ini, terima kasih telah membacanya. Ikuti terus
ya…................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar